Sejarah Graffiti | seni rupa

Diposting oleh Unknown on 13 Mei 2012

graffiti,seni"

Assalamu'alaikum . . . :)

Kali ini saya akan memberi sedikit pengetahuan tentang Sejarah Graffiti, sebenarnya banyak sekali kita menemukan coretan-coretan indah di pinggir jalan (tembok gang-gan) dan kadang kita hanya berfikir kalau coretan itu dinamakan Graffiti. Toh kita belum tentu tahu sejarah Graffiti itu sendiri seperti apa. Mungkin bagi orang-orang yang suka melukisnya ya sedikit tahu asal usul Graffiti (yang mereka lukis) itu kaya gimana. hehehhe tapi belum tentu juga orang pelukis/seniman Graffiti mengetahui sejarah yang mereka gemari itu apa. MaAf sobat, bukannya saya meremehkan seniman. Saya sendiri sangat saluuuut dan ingin sekalai menjadi seniman hebat (itu kan keinginan). Dengan adanya bakat kita akan mudah menunjukan jiwa seni khususnya Graffiti (karena yang saya bahas saAt ini graffiti). Tidak semua orang bisa menghasilkan keindahan dari coretan-coretan yang dilakukannya. Tunjukjan kretifitas Anda sobaaaaat ! Harga kretifitas Anda lebih besar dari penghasilan para koruptor!!!hkhkhkhk..... :D

hmmm langsung saja ah bagaimana sejarah Graffiti !

OK, ini saya berikan sedikit sejarahnya :



GRAFFITI ?

Graffiti (juga dieja grafitty atau grafitti) adalah kegiatan seni rupa yang menggunakan komposisi warna, garis, bentuk dan volume untuk menuliskan kalimat tertentu di atas dinding. Alat yang digunakan biasanya cat semprot kaleng ( pilox).



SEJARAH



Grafiti di Pompeii : Graffiti ini mengandung tulisan rakyat yang menggunakan bahasa Latin Rakyat dan bukan bahasa Latin Klasik. Kebiasaan melukis di dinding bermula dari manusia primitif sebagai cara mengkomunikasikan perburuan. Pada masa ini, grafitty digunakan sebagai sarana mistisme dan spiritual untuk membangkitkan semangat berburu.
Perkembangan kesenian di zaman Mesir kuno juga memperlihatkan aktivitas melukis di dinding-dinding piramida. Lukisan ini mengkomunikasikan alam lain yang ditemui seorang pharaoh (Firaun) setelah dimumikan.



Kegiatan grafiti sebagai sarana menunjukkan ketidakpuasan baru dimulai pada zaman Romawi dengan bukti adanya lukisan sindiran terhadap pemerintahan di dinding-dinding bangunan. Lukisan ini ditemukan di reruntuhan kota Pompeii. Sementara di Roma sendiri dipakai sebagai alat propaganda untuk mendiskreditkan pemeluk kristen yang pada zaman itu dilarang kaisar.


Grafiti pada zaman modern



Grafiti pada Tembok Pemisah Israel di Israel-Palestina. Adanya kelas-kelas sosial yang terpisah terlalu jauh menimbulkan kesulitan bagi masyarakat golongan tertentu untuk mengekspresikan kegiatan seninya. Akibatnya beberapa individu menggunakan sarana yang hampir tersedia di seluruh kota, yaitu dinding. Pendidikan kesenian yang kurang menyebabkan objek yang sering muncul di grafiti berupa tulisan-tulisan atau sandi yang hanya dipahami golongan tertentu. Biasanya karya ini menunjukkan ketidak puasan terhadap keadaan sosial yang mereka alami. Meskipun grafiti pada umumnya bersifat merusak dan menyebabkan tingginya biaya pemeliharaan kebersihan kota, namun grafiti tetap merupakan ekspresi seni yang harus dihargai. Ada banyak sekali seniman terkenal yang mengawali karirnya dari kegiatan grafiti.



Begitu kiranya Sejarah Graffiti, saya ucapkan banyak-banyak terimakasih jika Anda berkenan untuk sharing-sharing (komentar) di box koment dibawah. Post ini semoga bermanfaAt buat Anda.....


5 komentar Comments for Sejarah Graffiti | seni rupa

Unknown mengatakan...

postingnya bagus sob makasih ya infonya
jangan lupa ya kunjungi juga situs kami di
http://stisitelkom.ac.id

Seni Butuh Kreatif mengatakan...

yuuupzt, mkasih balik sudah mau mampir blog Seni Butuh Kreatif.... ;)

Anonim mengatakan...

copy dari wikipedia y

Anonim mengatakan...

YUPZ THX EA WITH YOUR INFO COZ I LIKE THIS ART(GRAFFITI)
AND MAKE PEACE IN THE WORLD

Cat Plastik Primer mengatakan...

Boleh nih infonya.... Thanks Bro..
:D

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir di Blog Seni Butuh Kreatif. Jika sobat ingin memberikan komentar silahkan isi form kementar di bawah dengan sopan. Mohon maaf jika membalasnya lama, jangan lupa mampir lagi ya :)

 

Berlangganan Artikel Blog Disini

Delivered by FeedBurner

Free Automatic Google Backlinks - SEO SEO Links Attitude | Free SEO Links Building Web Link Exchange Bloggers - Meet Millions of Bloggers Seni Butuh Kreatif - Find me on Bloggers.com of Seni Butuh Kreatif backlinks referer rajacolekrajacolekrajacolekrajacolekrajacolekrajacolektips dan trikrajacolekphotobucketbertaubatlahtabur iklanraja gameFree Promotion LinkFree Smart Automatic BacklinkMalaysia Free Backlink ServicesMAJLIS LINK: Do Follow BacklinkLink Portal Teks TVjapanese instant free backlink Free Plugboard Link Banner ButtonFree Automatic Backlink Service