Tasyakuran panen Merti Desa di Desa Pamriyan

Diposting oleh Unknown on 8 Mei 2012


Assalamu'alaikum....
Beberapa hari sebelumnya saya berbagi post masalah lirik, trik dan tips. Tapi kali ini saya akan berbagi tentang informasi yang sangat menarik jika kita terima di zaman modern saat ini. Di Dunia ini sepertinya hanya beberapa Daerah yang masih melaksanakan ritual atau acara tasyakuran setelah musim panen (MERTI DESA) . Kini saya akan sedikit bercerita tentang "Hebatnya Tasyakuran Merti Desa di Desa Pamriyan Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo". hehehe ... pokoknya komplit abis tu alamatnye.
Kembali ke pembahasan !
Merti desa adalah tasyakuran panen yang dilakukan oleh seluruh masyarakat dengan mengadakan acara-acara yang menakjubkan guna untuk bersyukur kepada Allah atas rezki yang telah diberikan pada masyarakat Desa Pamriyan. Tasyakuran tersebut biasanya dilakukan di desa-desa tertentu. Dalam lingkup kabupaten Purworejo masih menjalankannya, ada yang 1 tahun sekali dan ada yang 3 tahun sekali ( Desa Pamriyan, Wonosido, Kemranggen, Karang gedang). Kini saatnya Desa Pamriyan menunjukan kehebatannya setiap 3 tahun sekali. Dengan adanya kekompakan,untuk membuat sebuah Ambeng/Ancak (bahasa desa Pamriyan) dibentuk kelompok 7-10 kepala keluarga per kelompok. Ambeng/Ancak tersebut terbuat dari bambu dan berbentuk seperti ranjang dengan ukuran rata-rata 3x2meter. Didalam Ambeng diisi tumpeng,ratusan panggang ayam kampung, jenang, wajik, ketan, telur, buah-buahan, rokok, bahkan ada yang mengisi Uang ratusan, dan lain-lain. Isi Ambeng tersebut digunakan khusus untuk dibagikan kepada tamu dari luar Desa Pamriyan. Untuk pembuat Ambeng hanya mendapat Pahala dan citra juara kehebatan untuk kelompok yang paling bagus. Sehingga ketika di Desa Pamriyan sedang melakukan tasyakuran tersebaut, masyarakat luar desa berbondong-bondong untuk menghormati dan mengepung Ambeng tersebut.
merti
merti
merti
merti
purworejo"
purworejo"
merti
merti
heheee,,.... mannntabh deeh!!
hmmmmm ..cukup coretan kali ini, semoga dapat menambah wawasan untuk Anda semua dan apabila Anda penasaran keindahan Desa Pamriyan, boleh saja segera kunjungi dan nikmati Alamnya..... trim's !
Keindahan alam desa tersebut klik DI SINI

0 komentar Comments for Tasyakuran panen Merti Desa di Desa Pamriyan

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir di Blog Seni Butuh Kreatif. Jika sobat ingin memberikan komentar silahkan isi form kementar di bawah dengan sopan. Mohon maaf jika membalasnya lama, jangan lupa mampir lagi ya :)

 

Berlangganan Artikel Blog Disini

Delivered by FeedBurner

Free Automatic Google Backlinks - SEO SEO Links Attitude | Free SEO Links Building Web Link Exchange Bloggers - Meet Millions of Bloggers Seni Butuh Kreatif - Find me on Bloggers.com of Seni Butuh Kreatif backlinks referer rajacolekrajacolekrajacolekrajacolekrajacolekrajacolektips dan trikrajacolekphotobucketbertaubatlahtabur iklanraja gameFree Promotion LinkFree Smart Automatic BacklinkMalaysia Free Backlink ServicesMAJLIS LINK: Do Follow BacklinkLink Portal Teks TVjapanese instant free backlink Free Plugboard Link Banner ButtonFree Automatic Backlink Service