Perbedaan Gunung Dan Pegunungan

Diposting oleh Unknown on 14 Jun 2012

selamat siang sob, sepertinya saya cukup lama tidak membagikan post pada sobat semua. Alhamdulillah kini saya bisa menulis kembali. Tapi Anda jangan lupa sebelum membaca posting kali ini, jangan suka berfikiran yang negatif. Karena posting kali ini tidak ada hubungannya dengan gunung-gunung yang lain.hehehehe....jika kita ditanya apa sih bedanya pegunungan dan gunung ? maka dengan rasa pede kita menjawab gunung adalah daratan yang menjulang tinggi dan pegunungan adalah kumpulan dari gunung-gunung. Nah jika dilihat dari ilmu geografi benar nggak jawaban tersebut? Mari kita baca uraian singkat berikut:
Gunung
Menurut Van Zuidam,1985 gunung merupakan daratan yang memiliki ketinggian antara 500-1000 m. Dari definisi di atas dapat diartikan bahwa gunung adalah daratan yang memiliki ketinggian di atas 500 m Pegunungan
Benarkah pegunungan itu deretan gunung-gunung? Jika kita lihat sepintas dari bahasanya memang kelihatan benar. Namun jika kita lihat dari sisi geografi pegunungan adalah betang alam yang terjadi karena proses struktural. Misalnya deretan Pegunungan Selatan yang dihasilkan dari proses pengangkatan yang terjadi mulai sejak Akhir Tersier atau permulaan Kuarter. Bagian Utara dari Pegunungan Selatan dipisahkan dari zona depresi pulau Jawa oleh patahan. Gunung Sewu sendiri dicirikan oleh bukit-bukit karst. Di sisi utara, Karst Gunung Sewu mengalami pelengkungan dan persesaran yang membentuk Cekungan Wonosari dan Cekungan Baturetno. Di kedua depresi tersebut, proses karstifikasi terbatas dan permukaannya ditutupi oleh tanah lempungan dengan ketebalan mencapai 10 m (Waltham et al. 1983, Samodra, 1983).
Nah sekarang bedanya terlihat bahwa definisi gunung dilihat dari ketinggiannya sedangkan pegunungan dilihat dari proses yang membentuknya.
 

Berlangganan Artikel Blog Disini

Delivered by FeedBurner

Free Automatic Google Backlinks - SEO SEO Links Attitude | Free SEO Links Building Web Link Exchange Bloggers - Meet Millions of Bloggers Seni Butuh Kreatif - Find me on Bloggers.com of Seni Butuh Kreatif backlinks referer rajacolekrajacolekrajacolekrajacolekrajacolekrajacolektips dan trikrajacolekphotobucketbertaubatlahtabur iklanraja gameFree Promotion LinkFree Smart Automatic BacklinkMalaysia Free Backlink ServicesMAJLIS LINK: Do Follow BacklinkLink Portal Teks TVjapanese instant free backlink Free Plugboard Link Banner ButtonFree Automatic Backlink Service